SIDIA (Sistem Edukasi Arfadia) adalah PERANGKAT LUNAK (SOFTWARE) / E-CONTENT MEDIA PENDIDIKAN PEMBELAJARAN dan MANAJEMEN PERPUSTAKAAN (E-LIBRARY) TIK DAK SD, SMP, SMU yang memberikan kemudahan dalam proses pembelajaran dengan konsep yang interaktif dan edukatif untuk para siswa dan guru.
SIDIA adalah salah satu inovasi dalam metode pembelajaran, dengan cara yang sederhana, praktis dan cepat dapat memudahkan para peserta didik untuk belajar, mencari buku elektronik yang diperlukan, dan menyimpan materi pembelajaran. SIDIA memperkuat model belajar melalui pengayaan konten dan pengembangan teknologi pendidikan.
SIDIA diproduksi oleh PT. Arfadia sebagai salah satu perusahaan Teknologi Informasi dan Multimedia di Indonesia yang berdiri sejak tahun 2008 dan memiliki banyak klien baik kalangan Kementerian, Lembaga Pemerintah, BUMN, Swasta dan Organisasi baik Nasional maupun Internasional. Kunjungi website kami di www.arfadia.com untuk informasi lebih jelasnya.
Bahan pembelajaran yang bersifat mandiri yang dapat disimpan di computer sehingga dapat diakses dengan mudah oleh guru dan siswa kapan saja.
E-LEARNING
Koleksi buku elektronik yang menyediakan beragam informasi pembelajaran melalui perangkat digital.
E-LIBRARY
Buku panduan versi digital yang dapat dibuka melalui perangkat elektronik. E-book disusun menggunakan teks atau gambar yang berupa digital.
E-BOOK
Buku panduan versi digital yang dapat dibuka melalui perangkat elektronik. E-book disusun menggunakan teks atau gambar yang berupa digital.
CHAT
Fitur
Multi user (pengguna tidak terbatas)
Mempunyai fitur controller level callbacks (before and after filter dan before Render)
Dapat berjalan sesuai dengan sistem operasi yang ada pada Laptop atau Tablet
Account Log-in dan Dilengkapi dengan username dan password masing-masing pengguna
Editable (seluruh konten dapat ditambah/diperbarui)
Teknologi server client ready (hanya diinstal di server, client dapat menjalankan program dari perangkat masing-masing)
Upload konten tidak terbatas (dapat menampung ribuan sampai puluhan ribu konten)
Home/Halaman muka
Mata Pelajaran
IPS
Teknologi Informasi
IPA
Bahasa Indonesia
PKN
Matematika
Edukatif
Bahasa Inggris
E-library
HAKI MERK SUDAH TERDAFTAR di DEPHUMKAM atas nama PRINSIPAL
HAKI CIPTAAN SUDAH TERDAFTAR di DEPHUMKAM atas nama PRINSIPAL
Aplikasi yang mudah dikembangkan untuk mendukung manajemen perpustakaan.
Mendukung pemakaian di jaringan komputer tanpa batasan jumlah user.
Dilengkapi dengan fitur perencanaan administrasi pengadaan buku baru.
Pengklasifikasian dokumen secara dinamis sekurang-kurangnya system klasifikasi perpustakaan pada umumnya.
Master klasifikasi dokumen yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan setiap sekolah antara lain setting dokumen yang bisa mengeset profil tiap dokumen seperti bisa tidak, denda, telat batas peminjaman/dipinjam.
Memiliki setting akses dengan klasifikasi administrator, petugas perpustakaan, pimpinan, tamu dan anggota tiap jenis pemakai memiliki akses yang berbeda menu-menunya.
Sistem yang mendukung barkode dan dapat mencetak sendiri kode barkode untuk buku.
Dilengkapi dengan fungsi abstraksi dan visualisasi gambar buku.
Dilengkapi fitur Atribut Dokumen mulai abstraksi buku lokasi buku kode ISBN,dll yang dapat di tambahkan secara dinamis pada setiap dokumen.
Dilengkapi dengan fitur untuk memberikan informasi jumlah koleksi dokumen yang beredar diluar.
Dilengkapi juga aplikasi yang dapat mencetak kartu anggota perpustakan siswa.
Dilengkapi dengan fitur untuk memberikan laporan buku favorit,buku jatuh tempo,status.
E-BOOK
Dapat dan mudah di edit sesuai dengan keinginan pengguna dalam menyimpan E-Book
Buku Sekolah Elektronik SD (IV-VI) / SMP / SMU
VIDEO
Dapat menyimpan dan menata video serta bisa di download secara gratis dari web site pengembang dalam berbagai bentuk type file
Dapat dan mudah di edit sesuai dengan keinginan pengguna dalam menyimpan video
QUIZ CREATOR
Dapat menyimpan dan menata Soal-soal serta bisa di tambah / di edit oleh guru
Pengaturan waktu pengerjaan soal
Pengaturan tanggal pengerjaan quiz
Soal dapat diunduh untuk dibagikan guna belajar siswa
Pengetahuan tentang geografi dan kekayaan alamnya.
Dilengkapi dengan narasi/penjelasan tentang atlas/peta.
Dilengkapi dengan lagu- lagu kebangsaan RI dan lagu-lagu daerah masing- masing wilayah.
Pembelajaran Interaktif Kelas IV s/d Kelas VI.
Teknologi Informasi
Cakupan Materi
Pengenalan hardware komputer.
Pengenalan sistem operasi.
Belajar mengetik 10 jari.
Belajar mengolah data.
Kamus istilah komunikasi & teknologi informasi.
Belajar lembar kerja.
Belajar lembar presentasi.
Belajar desain grafis.
Pengenalan internet dan kegunaannya.
Belajar membuat blog dan website.
Mengenal virus dan penanggulangannya.
Mengenal open sources.
IPA
Cakupan Materi
Rangka dan panca indera manusia.
Mahluk hidup dan lingkungannya.
Benda padat, cair dan gas.
Gaya.
Energi panas dan bunyi.
Perubahan kenampakan bumi dan benda langit.
Organ tubuh manusia.
Tumbuhan hijau.
Gaya magnet.
Pesawat sederhana.
Cahaya dan sifat-sifatnya.
Planet bumi.
Pertumbuhan dan perkembangbiakan.
Konduktor dan isolator panas.
Energi listrik.
Bumi dan alam semesta.
Bahasa Indonesia
Cakupan Materi
Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran dan pemecahannya.
Mendeskripsikan benda benda di sekitar dan fungsi anggota tubuh.
Memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang tepat.
Keluarga.
Berbalas pantun dengan lafal dan intonasi yang tepat.
Membuat gambar/denah berdasarkan penjelasan yang didengar.
Mendeskripsikan isi puisi.
Memuat quiz interaktif dan penilaian untuk menguji pemahaman atas materi.
Seluruh komponen materi diatas harus selaras satu sama lainnya
Pendidikan Kewarganegaraan
Cakupan Materi
Perbedaan (jenis kelamin, agama, suku bangsa).
Kerukunan.
Ketertiban.
Hak dan kewajiban.
Aturan hidup bermasyarakat.
Tolong-menolong.
Cinta lingkungan.
Sopan santun.
Kejujuran.
Kedisplinan.
Tatakrama.
Sumpah pemuda.
Harga diri.
Kebanggan sebagai bangsa Indonesia.
Taat hukum/aturan.
Pemerintahan pusat, desa dan kota.
Budaya Indonesia.
Pancasila.
NKRI.
Kebebasan berogranisasi.
Lembaga negara.
Pemilu dan pilkada.
Politik luar negeri.
Kerjasama negara-negara Asia Tenggara.
Demokrasi.
Matematika
Cakupan Materi
Bilangan hingga 2 angka.
Mengenal bangun ruang dan bangun datar.
Bilangan hingga 500.
Satuan panjang, berat dan waktu.
Menghitung perkalian dan pembagian.
Bilangan hingga tiga angka.
Operasi hitung bilangan.
Mengukur panjang, berat dan waktu.
Mengenal bilangan pecahan dan mengenal bangun.
Geometri : mengukur sudut keliling dan luas.
Bangun ruang dan bangun simetri.
Bilangan pecahan dan bilangan operasi.
Operasi hitung campuran, operasi pada pecahan.
Bilangan prima.
Geometri : simetri lipat dan putar.
Luas sisi banyak dan lingkaran, volume prisma dan tabung.
Mengumpulkan dan mengolah data.
Mengenal 46 sistem koordinat.
Keterampilan Edukatif
Cakupan Materi
Mengenalkan dan memperagakan keterampilan anak melalui penggunaan bahan- bahan bekas pakai atau baru secara sederhana tingkat sekolah dasar.
Mengajarkan pada siswa agar memahami dan mempraktekkan lebih jelas tentang manfaat keterampilan dalam kehidupan sehari-hari, baik di sekolah atau dilingkungannya.
Bahasa Inggris
Cakupan Materi
Pengenalan nama-nama mainan, abjad dan angka.
Cara memperkenalkan teman.
Percakapan menanyakan dan cara mengeja nama orang.