0215272455 / 08118867897
Perkembangan teknologi yang makin maju dan makin terjangkau oleh hampir seluruh lapisan masyarakat memberikan tantangan baru bagi dunia pendidikan Indonesia. Anak-anak kini sudah lebih melek dengan teknologi di mana anak usia Sekolah Dasar kini pada umumnya sudah bisa mengoperasikan komputer atau setidaknya menggunakan smartphone. Tentunya sebagai lembaga pendidikan yang formal dan menjadi bagian yang sangat besar dalam kehidupan anak-anak, sekolah memiliki kewajiban untuk memberikan bimbingan kepada siswa-siswanya bagaimana cara menggunakan sarana teknologi yang baik dan benar karena jika digunakan dengan cara yang salah, bukannya membuat hidup jadi lebih mudah namun teknologi bisa berdampak buruk pada kehidupan anak-anak.
Dengan makin familiarnya anak-anak dengan perangkat teknologi dalam kehidupan hariannya, seharusnya menggunakan sarana teknologi di lingkungan sekolah juga bukan hal yang asing lagi bagi siswa, terutama sarana multimedia. Dengan memanfaatkan sarana multimedia dalam kegiatan belajar di sekolah, tidak hanya suasana belajar jadi lebih menyenangkan dan tidak membosankan namun sekolah juga mendorong siswa-siswanya untuk mengejar ketertinggalan akan ilmu pengetahuan dan teknologi baik secara nasional maupun di kalangan internasional. Mari pahami lebih jauh peran sarana multimedia berbasis teknologi bagi proses belajar dan mengajar di sekolah.
Pengadaan sarana multimedia berbasis teknologi memiliki tantangan tertentu. Hal ini akan sangat terasa di sekolah-sekolah daerah dengan segala macam keterbatasannya. Beberapa tantangan dan juga hambatan dalam pengadaan sarana multimedia yang umum terjadi di lingkungan sekolah adalah sebagai berikut:
Faktor biaya tidak bisa dipungkiri menjadi hambatan yang paling besar karena untuk mengadakan sarana dan prasarana untuk fasilitas multimedia di sekolah memang tidak murah. Tidak heran bila saat ini fasilitas multimedia yang digunakan untuk pembelajaran di sekolah hanya dimiliki oleh sekolah tertentu saja.
Hambatan yang kedua adalah hanya masih banyak guru yang belum memiliki keahlian dalam menggunakan sarana teknologi seperti misalnya komputer, proyektor, mengunggah atau mengunduh data ke dan dari website, dan sebagainya.
Ketika ingin memiliki lab komputer misalnya, tentunya sekolah tidak hanya menyediakan unit-unit komputer sesuai dengan jumlah siswa per kelas saja, namun juga ruang kelasnya, instalasi kabel, instalasi jaringan internet, meja dan bangku, dan lain sebagainya. Biaya-biaya lain yang harus dikeluarkan sekolah untuk mengadakan sarana dan prasarana pendukung inilah yang menjadi hambatan dalam pengadaan sarana multimedia di lingkungan sekolah.
Pembelajaran dengan menggunakan sarana multimedia merupakan kegiatan belajar dan mengajar di mana penyampaian materi kepada siswa guru menggunakan atau menerapkan beberapa macam alat atau perangkat lain selain papan tulis sebagai media pembelajaran. Perangkat multimedia berbasis teknologi yang bisa digunakan misalnya laptop atau komputer, proyektor, layar proyektor, instalasi jaringan internet, speaker, dan berbagai macam perangkat audio maupun visual lain yang bisa digunakan sebagai media belajar.
Tantangan dan hambatan dalam pengadaan sarana multimedia dalam kegiatan pembelajaran di sekolah merupakan sisi kontranya, sementara dari sisi pro ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan baik untuk siswa sendiri, bagi tenaga pengajar, bagi sekolah, hingga untuk peningkatan pendidikan secara umum di Indonesia. Jika dibandingkan dengan kontranya, semestinya pro pengadaan sarana multimedia lebih unggul karena bisa memberikan manfaat yang besar seperti di bawah ini.
Anak-anak belajar dengan banyak cara, ada yang lebih paham ketika diterangkan dengan cara verbal, ada yang lebih mudah belajar jika disertai dengan penjelasan gambar atau visual, ada juga yang lebih bisa memahami konten dalam teks, atau gabungan dari ketiganya. Maka sudah selayaknya guru di sekolah memberikan variasi cara mengajar yang berbeda-beda agar semua siswa mendapatkan kesempatan yang sama untuk lebih paham dengan materi yang diberikan. Dengan sarana multimedia, siswa tidak hanya fokus pada ceramah guru namun guru juga bisa menampilkan gambar, grafik, video, yang berhubungan dengan materi, siswa juga bisa dengan mudah mengunduh data materi untuk dipelajari di rumah, belajar dengan menggunakan sarana yang variatif tidak hanya sekedar alat tulis, meja, dan bangku, juga akan memberikan suasana belajar yang lebih seru, interaktif, serta tidak membosankan. Siswa yang fokus dan tidak bosan tentunya adalah salah satu kunci materi yang diberikan oleh guru bisa diserap dengan lebih baik.
Guru memiliki peran sebagai pengajar dan pendidik ketika anak berada di lingkungan sekolah. Maka sudah sepantasnya seorang guru memiliki keterampilan yang update dan sesuai dengan perkembangan jaman. Apabila seorang guru tidak memiliki keterampilan teknologi yang esensial dalam jaman modern saat ini bagaimana guru bisa menjadi pengawas bagi siswa-siswanya yang lebih fasih dalam menggunakan komputer, mengulik website, dan sebagainya. Anak-anak yang masih dipenuhi dengan rasa ingin tahu dan impulsif rawan terjebak dalam sisi negatif penggunaan teknologi, oleh karena itu peran guru yang up-to-date dalam hal penggunaan teknologi bisa menjadi filter sebelum ada siswa yang terjerumus.
Penggunaan sarana multimedia pada kegiatan pembelajaran siswa di sekolah tidak hanya berkaitan dengan cara penyampaian materi yang lebih variatif saja. Siswa juga bisa lebih familiar dengan berbagai macam perangkat yang digunakan untuk pembelajaran multimedia. Sehingga siswa memiliki pengetahuan mengenai nama, fungsi, dan juga cara penggunaannya dari perangkat keras atau lunak yang dimiliki. Keahlian teknologi ini kini sudah menjadi kualifikasi dasar di dunia profesional di mana SDM diharapkan sudah memiliki keahlian tersebut untuk terjun dalam dunia masyarakat sosial. Jadi penting bagi sekolah sebagai lembaga pendidikan formal untuk juga memberikan pendidikan mengenai soft skill maupun hard skill yang nantinya akan dibutuhkan anak di masa depannya.
Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh guru dengan memanfaatkan sarana multimedia di dalam kelas. Guru bisa bebas berkreasi dalam menyampaikan materi misalnya dengan menampilkan video-video simulasi, memberikan kuis dengan media digital, dan masih banyak lagi lainnya. Dengan sarana multimedia pun guru bisa memberikan bimbingan tambahan kepada para siswa yang berhalangan hadir di kelas misalnya dengan membuat grup percakapan antara guru dengan murid, atau mengajar secara online melalui video conference sehingga meski tidak bisa hadir di kelas, siswa tidak akan ketinggalan materi yang diajarkan di kelas.
Dengan cara belajar yang lebih bervariasi dan tidak kaku, siswa jadi lebih bersemangat untuk belajar. Pada dasarnya anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang besar dan dengan stimulasi yang tepat, mereka akan berinisiatif sendiri mencari ilmu dan tidak hanya tergantung pada ceramah dari guru. Mengajar di kelas yang antusias dan interaktif tentunya juga menjadi kenyamanan sendiri bagi pengajar di mana pengajar tidak harus menghabiskan jam pelajaran dengan bicara tanpa henti di depan kelas. Dengan adanya sarana multimedia, beban bicara guru bisa lebih terbantu dengan adanya sarana-sarana pembantu berbasis teknologi.
SIDIA menyediakan solusi bagi tantangan perkembangan jaman di dunia teknologi terutama dalam hal pengadaan sarana multimedia. Kami menawarkan paket multimedia berbasis aplikasi yang bisa memaksimalkan fungsi dan manfaat sarana multimedia dalam pembelajaran di sekolah terutama untuk tingkat pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Program sarana multimedia berbasis aplikasi yang kami tawarkan meliputi:
Aplikasi SIDIA bisa diakses oleh siswa dan juga tenaga pengajar di sekolah dengan menggunakan berbagai macam perangkat dengan berbagai macam ukuran layar. Pengguna bisa menggunakan SIDIA melalui komputer, laptop, tablet, dan juga smartphone sehingga bisa dengan mudah dibuka di mana saja dan kapan saja. Selain itu aplikasi SIDIA juga bisa dijalankan di sistem operasi yang umum digunakan yaitu Windows, Linux, dan juga Mac.
Di dalam aplikasi SIDIA terdapat materi pembelajaran yang isinya merupakan bahan mata pelajaran sekolah disusun berdasarkan dengan kurikulum yang berlaku saat ini, yaitu kurikulum 2006 (KTSP) dan kurikulum 2013 (K13). Paket media yang kami sediakan sudah menyertakan bahan materi yang bisa diunduh dan dipelajari oleh siswa langsung dengan menggunakan aplikasi. Guru juga bisa menambahkan materi yang sudah ada jika dibutuhkan.
Beberapa fitur yang membuat aplikasi SIDIA menjadi lebih unggul antara lain adalah guru bisa membuat RPP dan silabus dengan menggunakan aplikasi ini, jumlah konten yang diunggah tanpa batas sehingga guru bisa sepuasnya mengunggah materi-materi yang dinilai bisa mendukung bahan materi utama, guru bisa memberikan soal-soal yang harus dikerjakan oleh siswa yang dilengkapi dengan pengaturan waktu pengerjaan soal, batas waktu pengerjaan kuis, pengguna bisa melihat jadwal pelajaran dan guru di bagian menu Pelajaran, dan masih banyak lagi fitur lainnya.
Pelatihan yang diberikan kepada tenaga pengajar adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang tentunya bisa menjawab tantangan dari perkembangan jaman, termasuk dalam dunia pendidikan. Agar bisa mahir menggunakan berbagai macam sarana multimedia yang diadakan di sekolah, maka para tenaga pengajar sebaiknya diberikan pelatihan baik teori maupun praktek langsung. Pelatihan diberikan oleh penyedia fasilitas sarana multimedia yang memiliki pemahaman komprehensif tentang spesifikasi fasilitas, fungsi, dan cara penggunaannya. Selain pelatihan, tenaga pengajar juga diberikan buku manual yang berisi mengenai petunjuk penggunaan sehingga yang terlibat langsung dengan sarana multimedia bisa menggunakan perangkat sebagaimana mestinya.
SIDIA akan menyediakan fasilitas training atau pelatihan bagi guru di sekolah yang menggunakan sistem aplikasi kami. Training akan diadakan selama dua hari sekaligus dilakukan instalasi perangkat lunak atau software pada laptop yang akan digunakan sehingga pengguna bisa langsung menggunakan SIDIA dan praktek langsung selama masa training. Kami juga menyediakan buku petunjuk manual serta dukungan update system dengan mengontak langsung ke www.sidia.id (Pengadaan Sarana Multimedia).
Dengan adanya solusi dari SIDIA, tantangan dan hambatan yang membuat sekolah ragu untuk mengadakan sarana multimedia di sekolah dalam pembelajaran di kelas tentunya bisa lebih yakin untuk mengadakan fasilitas ini bagi siswa dan siswinya.
NO. | SPESIFIKASI | JUMLAH | SATUAN | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
1 | LAPTOP DELL Inspiron 14 3467 (Core i3-6006U) berikut Perangkat Lunak (Software) sistem operasi, aplikasi perkantoran, dan aplikasi pendidikan yang terinstal (preloaded) dalam laptop.
|
4 | Unit | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2 | SERVER Server HP Proliant ML10 Gen9 E3-1225 v5 16GB 1TB 845678-375 |
1 | Unit | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3 | PROYEKTOR
|
2 | Unit | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3 | LAYAR PROYEKTOR
|
2 | Unit | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
5 | LAN Card Wireless | 1 | Unit | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
6 | Access Point dan Router | 2 | Unit | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
7 | Switch (24 Fast Ethernet 10/100Mbps) | 1 | Unit | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
8 | UPS 3KVA | 1 | Unit | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
9 | Monitor Control Server LED 14" | 1 | Unit | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
10 | AC (Air Conditioner) Split 1 PK | 1 | Unit | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
11 | Stabilizer 3KVA | 1 | Unit | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
12 | KABEL LAN Cat 6 | 1 | Unit | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
13 | Fitur E-Voucher, website dan aplikasi mobile Kabupaten
|
500 | Pengguna (Kartu) | ||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
14 | PERANGKAT LUNAK SOFTWARE/E-CONTENT
|
4 | Unit |
Cakupan Materi
Cakupan Materi
Cakupan Materi
Cakupan Materi
Cakupan Materi
Cakupan Materi
Cakupan Materi
Cakupan Materi